PandoraBox: Juventus Arena : Stadion Baru Juventus
Demo Blog

Juventus Arena : Stadion Baru Juventus

by Sapto Mexavriand kategori :

Apa kabar dengan Stadion Delle Alpi? Ya, markas Juventus itu segera rampung direnovasi dan dipastikan sudah bisa dipakai lagi pada musim 2011/2012. Presiden Bianconeri Jean-Claude Blanc melakukan peninjauan langsung ke situs bagunan takjub dengan kualitas kerja. Diapun berharap proyek raksasa itu bisa rampung tepat pada waktunya."Saya sangat takjub dengan dengan kualitas hasil kerja di stadion baru. Semua pekerja disana sangat bersemangat untuk menyelesaikannya tepat waktu," ungkap Blanc.Bangunan anyar Delle Alpi akan tetap berdiri di kawasan serta memakai fondasi lama. Selain itu juga akan dilakukan perluasan arena latihan di Vinovo sehingga area tersebut bisa menampung lebih banyak pemain dari masing-masing tingkatan umur. Keputusan La Vecchia Signora ini merupakan sebuah terobosan baru. Mereka akan jadi satu-satunya klub Serie A yang punya stadion sendiri. Diketahui selama ini klub-klub Italia hanya menyewa venue stadion kepada  otoritas kota setempat. 
Stadion ini mampu menampung sebanyak 41.000 penonton dan telah dirancang berdasarkan standar keamanan maksimum. Akses-akses masuk tanpa penghalang, dapat dilalui melalui empat pintu masuk pada bagian sudut stadion, stadion akan dikelilingi dataran landai yang luas, yang diproyeksikan agar menjadi kawasan hijau dimana bangunan dirikan.

Kawasan lingkar luar tersebut akan menjadi tempat yang aman untuk pemeriksaan tiket masuk serta tempat bagi layanan dan transportasi yang ditujukan untuk keadaan darurat bersiaga. Akses menuju anak tangga dan tribun dapat dilalui melalui 16 jalur masuk yang tersebar pada banyak sector, mengacu pada tata ruang yang dahulu digunakan untuk stadion yang lama. Dan yang terakhir, dalam keadaan-keadaan darurat, bangunan dapat dikosongkan dalam waktu kurang dari 4 menit.
Proyek ini diharapkan dapat mengembalikan kondisi seluruh lapisan bawah tanah Delle Alpi, termasuk area zona lapangan. Di bawah anak tangga akan dibangun area pelayanan jasa milik stadion dan juga klub. Kebutuhan-kebutuhan para pemain merupakan prioritas utama bagi para perancang, seperti: akses-akses menuju bangunan, ruang ganti, riang istirahat, pintu masuk menuju lapangan, semuanya telah direncanakan hingga meliputi aspek detail terkecil.

Bagian atas, dilengkapi dengan sumber penerangan yang sangat baik dan sangat diperlukan dalam kegunaannya- khusus disesuaikan dengan gaya ketangguhan yang selalu menjadi ciri khas klub – Bagian stadion ini juga ditingkatkan, dengan anak tangga dan undakan-undakan: semuanya disusun menjadi bentuk setengah lingkaran yang unik yang saling berhubungan tanpa adanya unsur pemisah. Bangunan penutup glacis, akan diproyeksikan pada lorong ventilasi (Wind Tunnel), kondisi ini terinspirasi pada teknologi yang diterapkan pada sayap pesawat: Bangunan ini akan memiliki sumber pencahayaan yang bagus, yang direalisasikan dengan cara membangun separuh bangunan atap secara transparan dan sebagian lagi dengan lapisan yang pekat, hal ini dilakukan dengan tujuan agar tercipta sebuah sudut pandang yang baik ke arah lapangan, baik dalam kondisi siang hari maupun di malam hari, dengan memberikan jaminan pencahayaan yang mencukupi, agar rumput dapat tumbuh di lapangan. Tutup pada bangunan juga diproyeksikan untuk tetap menjaga suara pedukung bergelora di dalam bangunan stadion, sehingga dapat dirasakan juga oleh para pendukung, atau bahkan membuatnya merasa lebih dekat dengan para pemain.

Area yang difungsikan untuk area komersial adalah seluas 34.000 m2, pada area tersebut akan dibangun galeri toko-toko, pusat perbelanjaan dan took DIY. Juventus juga menyediakan area seluas 30.000 M2 yang akan digunakan untuk taman-taman umum, taman bunga, alun-alun dan tempat parkir untuk 4000 mobil.

Proyek stadion baru Juventus diprakarsai oleh tim. Arsitek Hernando SuarezGino Zavanella (Gau office) adalah perencana pembangunan; Insinyur Francesco OssolaMassimo Majowiecki, bertanggungjawab pada perencanaan pembangunan struktural, perencanaan operasional dan pengerjaan bagian arah penempatan struktur bangunan. Tim juga diarahkan oleh arsitek Antonio De la Pierre (koordinasi perencanaan), oleh insinyur Marco LazzeriniRenzo Zorzi (bangunan elektrik), dan oleh arsitek Eloy dan Stefano Suarez (perencanaan bentuk arsitektur bangunan). Manajemen proyek juga diikuti oleh AI Group dari Kota Turin, dengan presidennya sebagai penanggungjawab, insinyur Paolo Erbetta. Sebuah kontribusi diberikan oleh dua sosok terkenal dalam arsitektur gaya italia, yang berkolaborasi untuk kali pertamanya untuk memberikan nuansa hidup khas italia pada proyek arsitektur tersebut: Giugiaro Design dan Pininfarina Extra. Juventus menyerahkan kepada Fabrizio Giugiaro dan Paolo Pininfarina untuk menciptakan sebuah bentuk desain yang kuat pada stadion, untuk menberikan nuansa keunggulan kerja masyarakat kota Turin agar dikenal oleh seluruh dunia, dan mencerminkan kreatifitas terbaik bangsa Italia. (Shesa Office) dan (bangunan mekanikal), oleh insinyur dan Arsitek Alberto Rolla (Rolla Office) akan menangani area komersial dan penempatan konsep penataan kota.

Karakteristik-Karakteristik teknis:
Kapasitas: 41.000 tempat duduk, Tempat Parkir: 4.000 kapasitas parkir untuk mobil, Total lahan pembangunan: 355.000 M2, lahan internal stadion: 45.000 M2, Area Jasa: 150.000 M2, Area Komersial: 34.000 M2, Lahan Hijau dan Alun-alun: 30.000 M2,

Jarak penonton terluar ke lapangan dan perbandingan antara stadion baru dengan kondisi Delle Alpi pada saat ini, ialah:
baris pertama Tribuna Ovest: 8,85 meter (28 meter) baris terakhir Trivuna Ovest: 49 meter (68,30 meter), baris pertama Tribuna 100: 8,85 meter (43,50 meter) baris terakhir Tribuna 100: 26,50 meter (49,10 meter), baris pertama Tribuna media: 33,80 meter (57,50 meter) baris terakhir Tribuna media: 49 meter (59,10 meter), baris pertama Curves: 8,85 meter (50 meter dari titik tengah kurva).


sumber : http://www.juventus.co.id/places.php?id_ref_menu=30&id_parents_menu=5

foto:



 
A - Intervento per area a servizi pubblici (357.000 mq)
B - Capienza nuovo stadio 40.000 spettatori
C - Spazi per negozi e punti vendita (12.000 mq)
D - Aree per centro commerciale (30.000 mq)
E - Sede per attività complementari (27.000 mq) fra le quali palestre, lounge, bar, ristoranti, sala convegni
F - Uffici (5.000 mq)

Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

4 komentar Read More ...

4 komentar

  • Anonim

    Alhamdulillah...

    Stadion baru juventus telah usai, semoga menjadi keberkahan sendiri buat juventus, SEMANGAT dan BANGKITLAH juventus ku, bawalah kembali pulang Tropi2 Italia dan Eropa serta Campions, kami selalu mendukung mu,..

    SEMANGAT SEMANGAT !!!

    Akbar cakung juventini sejati


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!