PandoraBox: Resolusi 2011, Jadilah PNS !
Demo Blog

Resolusi 2011, Jadilah PNS !

by Sapto Mexavriand kategori :

Pemerintah menargetkan, tahun 2011 gaji pegawai negeri sipil (PNS) terendah mencapai Rp5 juta. Hal ini merupakan dampak dari renumerasi yang dilakukan pemerintah.
Target kenaikan gaji PNS ini cukup besar mengingat saat ini gaji pokok PNS golongan paling rendah dengan masa kerja 0 tahun hanya mencapai Rp1.040.000. Adapun gaji pokok tertinggi sebesar Rp3.400.000 bagi PNS golongan IVe dengan masa kerja 32 tahun. Gaji pokok ini tidak termasuk tunjangan yang diberikan kepada PNS.

Daftar Gaji PNS
Golongan Masa Kerja Gaji
I a 0 tahun Rp1,040 juta
I a 4 tahun Rp1,090 juta
I a 16 tahun Rp1,262 juta
II a 0 tahun Rp1,320 juta
II b 5 tahun Rp1,462 juta
II b 15 tahun Rp1,650 juta
II c 3 tahun Rp1,487 juta
II c 7 tahun Rp1,561 juta
II c 15 tahun Rp1,720 juta
II d 3 tahun Rp1,550 juta
II d 7 tahun Rp1,627 juta
II d 15 tahun Rp1,793 juta
III a 0 tahun Rp1,655 juta
III a 4 tahun Rp1,738 juta
III a 10 tahun Rp1,869 juta
IV a 0 tahun Rp1,954 juta
IV a 4 tahun Rp2,051 juta
IV a 10 tahun Rp2,206 juta
IV a 32 tahun Rp2,880 juta
IV d 0 tahun Rp2,212 juta
IV d 4 tahun Rp2,322 juta
IV d 10 tahun Rp2,498 juta
IV d 32 tahun Rp3,262 juta
IV e 0 tahun Rp2,306 juta
IV e 4 tahun Rp2,421 juta
IV e 10 tahun Rp2,603 juta
IV e 32 tahun Rp3,400 juta
Deputi bidang sumber daya manusia (SDM) kementrian negara pendayagunaan aparatur negara (Kemeneg PAN) Ramli Naibaho mengatakan, peningkatan kesejahteraan bagi PNS sangat perlu dilakukan. Sebab, saat ini, kesejahteraan PNS, terutama untuk golongan rendah, masih jauh dari keterpenuhan kebutuhan hidup layak.
Rendahnya kesejahteraan PNS ini, ujar dia, berdampak pada buruknya kinerja. Karena itu, jelas Ramli, pemerintah kemudian menggagas wacana untuk meningkatkan kesejahteraan PNS sekaligus menaikkan kinerja, yaitu salah satunya dengan program renumerasi. “Intinya adalah kebutuhan hidup layak untuk seluruh PNS,” tegas Ramli di jakarta kemarin.
Saat ini, menurut Ramli, pemerintah secara bertahap sedang melaksanakan program renumerasi di beberapa instansi dan departemen. Program ini merupakan bagian dari langkah strategis pemerintah untuk menyeimbangkan kesejahteraan PNS dan kinerja. Saat ini, jelas dia, Kemeneg PAN bersama departemen terkait lainnya yang masuk tim reformasi birokrasi dengan melakukan analisis terhadap instansi yang akan menerima renumerasi tahun 2010.
Diharapkan, instansi tersebut bisa memenuhi target pemerintah sehingga ada peningkatan dalam tunjangan kinerja. “Kita harapkan, mereka bisa memenuhinya, jadi 2011 reformasi birokrasi bisa selesai,” ujarnya.
Analisis yang dilakukan tim reformasi birokrasi ini, menurut Ramli, akan dijadikan dasar untuk menentukan besaran kenaikan gaji PNS. Tim ini, jelas dia, akan melakukkan analisis pekerjaan dan evaluasi dari instansi yang bersangkutan. Setelah semua data terkumpul, papar dia, baru akan dilakukan penilaian secara menyeluruh untuk memutuskan seberapa layak sebuah instansi diberi renumerasi.
Meski demikian, Ramli menjelaskan, tunjangan kinerja tiap instansi tidak akan sama. Sebab, kenaikan, terutama dati program renumerasi ini, akan dilihat dari tugas dan beban kerja dari tiap instansi. Dia mencontohkan, tunjangan kinerja di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan berbeda dengan yang diterima Mahkamah Agung (MA). Sebab, beban kerja dan tugas instansi tersebut juga berbeda.
Ketua umum Korps Pegawai Negeri RI (Korpri) Progo Nurdjaman menyatakan, pendapatan yang diterima PNS saat ini terbilang minim. Apalagi, jelas dia, untuk golongan I dengan tingkatan kerja selama 24 tahun, paling besar hanya menerima upah senilai Rp1,6 juta. Dengan penghasilan ini, ujar dia, tidak akan bisa menutupi kebutuhan yang saat ini sudah cukup tinggi. “Kita harapkan, pemerintah terus meningkatkan kesejahteraam PNS,” tandasnya.
Progo menyadari, kemampuan APBN yang masih belum mampu melakukan pembayaran gaji ideal bagi PNS. Bahkan, pihaknya juga tidak ingin untuk melakukan pembayaran gaji yang ideal, pemerintah berutang. “salah satunya hanya mendapatkan peningkatan dari pajak rakyat. kalau itu sudah cukup, sebagian bisa dialokasikan untuk peningkatan kesejahteraan PNS,” paparnya.
Meski demikian, Progo juga meminta para PNS untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Sebab, saat ini persepsi orang tentang PNS sangat tidak baik. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) dan kedisiplinan di kalangan PNS harus ditingkatkan. Dengan begitu, apa yang diberikan oleh pemerintah untuk kenaikan gaji seimbang dengan pekerjaan yang dibebankan kepada PNS.
Pengamat kebijakan publik universitas indonesia (UI) andrinov chaniago mengatakan, kenaikan gaji hingga Rp5 juta tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja PNS. Sebab, menurut dia, untuk patokan memperbaiki birokrasi bukan hanya dengan meningkatkan pendapatan bagi PNS. Namun, ada hal tertentu yang harus diubah.
“Jadi, kalau memang gaji harus naik sebesar itu, maka bukan patokan birokrasi akan berubah baik,” ungkapnya.
Menurut Adrinov, untuk meningkatkan kinerja, sebenarnya yang paling menentukan adalah mentalitas dan budaya kerja PNS. Menurut dia, budaya kerja yang asal-asalan dan mentalitas yang rendah masih dipakai oleh PNS saat ini. Sepanjang dua hal ini tidak diperbaiki, ujar Andrinov, peningkatan kesejahteraan tidak akan mampu mendongkrak kinerja PNS.
Maka demikian, Andrinov juga tidak menampik perlunya peningkatan pendapatan untuk PNS golongan terendah. Sebab sampai saat ini pendapatan PNS golongan terendah memang tidak mencukupi untuk membiayai kehidupannya.

Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar Read More ...

0 komentar


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!