PandoraBox: Notebook Sering Restart/booting ulang
Demo Blog

Notebook Sering Restart/booting ulang

by Sapto Mexavriand kategori :

Untuk mengetahui penyebab masalah ini, anda harus memastikan dulu apakah ini merupakan kerusakan hardware atau kerusakan software (system operasi). Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah cobalah untuk menginstall ulang system anda. Di beberapa kasus ini bisa membantu. Namun jika langkah ini sudah anda lakukan namun masalahnya tetap terjadi maka bisa dipastikan bahwa ini merupakan kerusakan hardware.
Hardware disini juga masih perlu lebih spesifik lagi, bisa kemungkinan memory, HDD, atau bisa juga modul mainboardnya. Untuk memory anda bisa coba dengan menggantinya dengan modul memory yang lain, atau bisa dicoba dulu dengan membersihkan ujung memory dengan setip/penghapus. Untuk HDD bisa karena terdapat bad sector atau bisa juga partisi yang bermasalah, cobalah untuk mempartisi ulang atau kalau bad sector cobalah baca di mengatasi bad sector pada HDD.

Modul mainboard bisa juga menjadi penyebab notebook yang restart-restart, kalau ini yang terjadi maka masalahnya akan menjadi lebih kompleks, karena mainboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen. Namun yang sering terjadi adalah kapasitor yang rusak (mlendung, meleleh, secara fisik bisa dilihat dengan jelas kalau rusak), kalau itu yang terjadi maka gantilah kapasitor yang rusak tersebut.
Dan saran saya kalau anda merasa tidak yakin untuk mengatasi permasalahan notebook anda, bawalah ke service resmi manufacture notebook anda.
Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar Read More ...

0 komentar


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!