PandoraBox: First HD Portable
Demo Blog

First HD Portable

by Sapto Mexavriand kategori : ,

Hemmm, sudah jadi kebiasaan dari orok, kalo mau sesuatu, pasti saya nyari referensi nya terlebih dahulu, tanya sana sini, ya buat mastiin aja ntar pilihan itu yang terbaik. Bulan Juni 2011 di Java mall semarang ada pameran komputer, terbesit niat deh buat beli Harddisk, mengingat kapasitas HD di lepi yang sudah merah alias hampir full (nggak usah nanya kok full? di isi apa aja tuh ? =) ). Googling n searching sana sini, dan dapet recommend dari suhu n agan agan yang master, nih ada beberapa nominasi nya 
1. WD My passport essential 500Gb
2. Seagate Freeagent GoFlex 500Gb
3. Transcend AntiShock 500Gb
Sepulang kuliah saya sempetin mampir ke pameran, satu persatu Stan/vendor aku datengin plus tanya in,,,"Ada HD portable WD passport?" berulang kali saya tanya, n dapet jawaban yang sama pula"lagi kosong mas". Ada sih beberapa, tapi yang 320Gb. Hedeh, capek banget badan nya, down pula nyari tapi ngga dapet. Karena laper makan dulu lah di slah satu 'franchise' yang letaknya di depan departement store Java. Gilaa men, sendirian, kaya orang hilang,,aahh cuek aja, kadang2 aku menikmati saat" mandiri itu (Saya bilang mandiri, bukan sendiri, karna dengan itu bisa bebas bergerlya hunting barang).
Sambil makan, tadi inget mbak mbak pedangdut,eh maksud saya sales(SPG), di salah satu stand, 'Ingat apa hayooo...?" haha, ya inget yang tadi  dia saranin beli Seagate Goflex. Iseng2 searching aja review/benchmark nya di internet + situs resminya...wow recommended abis, Brand oke-tampilan oke-performa oke-Garansi lumayan (3 dari pabriknya,1tahun dari distributornya ). 
Dan akhirnya, pilihan telah di tentukan. Sekaligus mau share review dari hardisk ini yang saya comot dari sebelah



Nb : tidak ada bau dollar disini, saya memposting murni dari penilaian subyektif konsumen.

Para produsen hard disk eksternal sekarang ini mulai mendesain hard disk eksternalnya supaya lain dari pada yang lain. Hal itu dilakukan guna memberikan feature yang lebih dari pada hard disk eksternal lainnya sehingga dapat lebih menarik para pelanggannya. Hal ini pula yang dilakukan oleh Seagate pada Seagate FreeAgent GoFlex yang terbaru.
Seagate FreeAgent GoFlex yang datang ke meja pengujian tim JagatReview berkapasitas 500 GB. Dilihat sekilas, hard disk eksternal ini memang sama dengan hard disk eksternal lainnya dengan konektivitas USB 2.0. Setelah kami melihat lebih dalam lagi, ternyata konektor yang menghubungkan hard disk dengan USB 2.0 tersebut memiliki dimensi yang sama dengan SATA, baik konektor SATA maupun konektor powernya.
Konektornya sendiri juga dapat menyalakan sebuah hard disk internal yang berukuran 2.5” dengan baik. Bisa jadi dengan memiliki hard disk eksternal ini, Anda bisa memiliki banyak hard disk 2.5” dan menggunakan konektornya untuk menghubungkan hard disk internal 2.5” tersebut. Hal ini juga bisa menjadi nilai tambah bagi sang pengguna bukan? Pada kesempatan kali ini pula, kami juga kedatangan beberapa buah konektor tambahan yang memang dijual secara terpisah oleh Seagate. Kami akan mengulas bagaimana Seagate FreeAgent GoFlex dengan menggunakan konektor-konektor tersebut pada review berikutnya.

Perlengkapan

Pertama-tama mari kita lihat paket penjualan dari hard disk eksternal ini.
 
Pada saat kami membuka paket penjualannya, kami hanya menemukan konektor dan kabel USB-nya sudah terpasang. Sayang, kami tidak menemukan quick start guide pada paket penjualannya. Akan tetapi, hard disk eksternal ini sangat mudah digunakan sehingga Anda tidak perlu melihat quick start guide-nya.

Platform Pengujian

Prosesor: Intel Core i7 930
Motherboard: Intel X58
Media Penyimpanan:
Western Digital Black 500GB dan RAM Drive
RAM: 3x 1 GB DDR3
Graphics card:
NVIDIA GeForce GTX 275 

HDTune

Kecepatan baca hard disk eksternal ini berada pada standar batas kecepatan USB 2.0 yang dapat dideteksi HDTune, yaitu 33 MB/s.
Kecepatan tulis hard disk ini berada pada kecepatan 29.2 MB/s.
Access timenya adalah 17.7 MB/s serta Burst ratenya adalah 33.3 MB/s. 

I/O Meter
Seperti biasa, hard disk eksternal ini juga memiliki kemampuan random write yang lebih baik dibandingkan dengan random read-nya.
Kebalikannya, pada kinerja sequential-nya, pembacaan lebih baik dari penulisan. 

Crystal Disk Mark
CDM mendeteksi bahwa hard disk eksternal ini mampu menulis sampai dengan 37.15 MB/s pada data sequential. Kecepatan baca random-nya ternyata terdeteksi sedikit lebih baik dibandingkan dengan I/O Meter.
Sama dengan penulisannya, hard disk eksternal ini bahkan mampu menulis data random 512K hampir menyamai dengan penulisan sequential-nya.

Transfer File

Pada tes real world-nya, hard disk ini mampu mentransfer data keluar kurang dari 3.5 menit. Untuk menyalin data ke dalam hard disk eksternal, ternyata hard disk ini mampu menyelesaikan semua pekerjaan kurang dari 6 menit. 

Kesimpulan

Terus terang, kami cukup terkesan dengan desain Seagate FreeAgent GoFlex yang memakai konektor SATA ini. Feature ini membuat pemilik GoFlex tidak hanya bisa memakai hard disk Seagate GoFlex itu sendiri, melainkan juga dapat memakai hard disk lainnya. Kami pun juga mencoba menggunakan SSD dan ternyata SSD dapat berjalan dengan baik dengan menggunakan konektornya. Sayang, kurangnya daya membuat konektor GoFlex tidak dapat digunakan untuk hard disk 3.5″. Akan tetapi, hal tersebut tidak masalah karena toh fungsi utamanya adalah untuk digunakan pada hard disk Seagate GoFlex-nya sendiri. Untuk kinerjanya, pada USB 2.0, menurut kami standar pada USB 2.0. Kinerjanya akan bertambah saat kita menggunakan USB 3. Maksudnya, bukan menggunakan konektor yang datang pada paket penjualannya, akan tetapi, Anda dapat membeli konektor USB 3.0 untuk hard disk eksternal ini secara terpisah. Hal ini akan kami bicarakan pada artikel lainnya. Tentu saja dengan desain yang menarik ini, hard disk ini patut dimiliki oleh tidak hanya oleh para profesional, tetapi juga sampai pada pengguna rumahan. Kegunaannya yang tidak hanya untuk membaca hard disk eksternal itu sendiri akan menguntungkan Anda.

Kelebihan

  • Kinerja pada USB 2.0 baik
  • Konektor multifungsi

Kekurangan

  • Jika software bawaan hilang, Anda harus melalui sebuah prosedur terlebih dahulu pada websitenya.
Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

3 komentar Read More ...

3 komentar

  • Anonim

    Sayang gan... saya baru beli 1 bulan dah rusak... gara2 saya cabut pas lagi nonton film


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!