PandoraBox: Agenda Tim Garuda Setelah AFF 2010
Demo Blog

Agenda Tim Garuda Setelah AFF 2010

by Sapto Mexavriand kategori :

Setelah Piala AFF yang membangkitkan nafsu, kita tak sabar menanti ajang selanjutnya. Apa saja kompetisi yang akan diikuti timnas Indonesia di tahun 2011?

Piala Asia 2011: Indonesia tidak ikut
Kalender turnamen antarnegara terdekat adalah Piala Asia 2011 di Qatar (7-29 Januari 2011). Sayangnya, Indonesia kali ini tidak turut serta gara-gara gagal lolos kualifikasi.
Tim Garuda, di bawah kendali Benny Dolo, gagal menyaingi poin Australia, Kuwait, dan Oman. Jangankan lolos, kita bahkan menjadi juru kunci. (Lihat: Asian Cup Qualification) Ini adalah kemunduran prestasi, karena sejak 1996 kita selalu masuk putaran final.
Olimpiade 2012: Indonesia ikut kualifikasi
Babak kualifikasi Olimpiade London 2012 akan dimulai Februari 2011 hingga Maret 2012. Dari wilayah Asia, akan diambil 3 negara terbaik.
Berdasarkan undian babak kualifikasi awal, Indonesia akan menghadapi Turkmenistan pada 23 Februari (home) dan 9 Maret 2011 (away). Jika lolos, fase yang harus dilewati juga masih panjang: ada babak kualifikasi I, babak kualifikasi II, lalu babak play-off.
(Lihat: Pre-Olympic Tournament)
Pemain yang diturunkan untuk Olimpiade harus timnas U-23, tapi boleh dilengkapi dengan 3 orang pemain senior.
Sekedar catatan, Indonesia hanya pernah sekali lolos ke Olimpiade pada tahun 1956. Kala itu kita bisa mencapai babak perempatfinal gara-gara menang WO dari Vietnam. Tim Garuda kemudian 'sukses' menahan Uni Soviet 0-0, namun kalah 4-0 dalam partai ulangan.
Piala Dunia 2014: Indonesia ikut kualifikasi
Masih lama. Pengundian babak kualifikasi baru akan dilaksanakan pada pertengahan 2011. Diperkirakan babak kualifikasi akan dimulai sekitar bulan Juni. Ini jatah tim senior.
Sea Games 2011: Tuan Rumah!!
Sea games 2011 akan diadakan di Palembang dan Jakarta pada bulan November 2011. Di ajang ini, timnas Indonesia akan kembali mendapat dukungan dari suporternya di kandang sendiri.
Tim Garuda pernah memenangi Sea Games dua kali, pada 1987 di Jakarta dan 1991 di Manila.
Sejak tahun 2001, cabang sepakbola di Sea Games hanya boleh diikuti tim U-23, plus 5 pemain senior. Sayangnya Garuda Muda tak pernah mencatat prestasi bagus. Sampai final pun belum pernah, jadi besok harus kita beri semangat sebesar-besarnya!!
Saatnya Garuda Muda Unjuk Gigi
Jadi di tahun 2011, timnas Indonesia akan berjuang di kualifikasi Piala Dunia, kualifikasi Olimpiade dan Sea Games. Tim U-23 akan mendominasi kiprah merah-putih di tahun 2011.
Garuda Muda harus dipersiapkan dengan baik. Pasalnya, dari tim Piala AFF 2010, hanya 5 pemain saja yang termasuk kategori U-23: kiper Kurnia Meiga (20 tahun), Okto (20), Irfan Bachdim (22), Johan Juansyah (22), dan Yongki (21).
Bandingkan dengan Malaysia yang sudah memiliki 10 pemain U-23 di skuad senior juara AFF Cup. Sebagai sebuah tim tentu kita kalah matang, maka persiapan yang baik mutlak diperlukan.
Apakah tim SAD akan dipakai?
Ya, PSSI memang punya program pembentukan 'Young Guns'. Mereka yang bernama tim SAD (Sociedad Anonima Deportiva), kumpulan pemain muda yang berguru di Uruguay.
Setahun yang lalu, tim ini belum memuaskan. Mereka gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-19.
Bagaimana pun, tim ini masih terlalu muda. Jika ada yang akan dipakai, dua pemain yang paling menonjol tentu Reffa Money dan Syamsir Alam. Keduanya kini berkostum klub Penarol, berkompetisi di liga remaja Uruguay, dan masih berusia 18 tahun.
Dan, 'Pemain Bule' lagi...
Selain itu, akan ada lagi wajah turis di timnas. Terhitung sejak 6 Desember 2010, Kim Jeffrey Kurniawan (20 tahun), blasteran Indonesia-Jerman, sudah resmi menjadi WNI.
Kim bisa masuk ke tim U-23, tapi tetap harus melewati proses seleksi.
Alfred Riedl mulai melakukan seleksi timnas Indonesia U-23 pada 4 Januari 2011. 75 pemain untuk seleksi awal, kemudian dikerucutkan menjadi 50 pemain. Dan pada 15 Januari, 25 nama pemain timnas U-23 dijadwalkan sudah terbentuk. [www.sepaxbola.info]
Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar Read More ...

0 komentar


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!