PandoraBox: Booting Laptop Terlalu Lama
Demo Blog

Booting Laptop Terlalu Lama

by Sapto Mexavriand kategori :

Contoh kasus yaitu Laptop Sony VAIO, HD 80 GB  lambat sekali bootingnya, bisa sampai 10 menitan.Analisanya adalah masalah pada Hardisk. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencabut hardisk dari enclosurenya. Kemudian di on kan laptopnya. Apabila selesaibooting dan muncul display bahwa tidak ada device atau system berarti masalah di Hardisk.
Langkah berikutnya adalah standar saja yaitu memasang hardisk lain, klu berjalan lancar berarti memang di HD.Ini diakibatkan karena pembacaan di track 0 hardisk bermasalah, dan itu harus dinormalkan kembali. Apabila hardisknya masih silence (belum berisik) masih bisa diperbaiki dengan Low Level Format dengan menggunakan software Maxllf. Memang membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Apabila berhasil maka Hardisk itu seperti baru keluaran pabrik dan data-data yang ada didalamnya gak bisa di recovery lagi. Tapi ini tidak baik bagi kondisi HD sendiri. Biasanya platter hardisk makin menipis. Kalau memang cara ini tidak berhasil ya diganti aja HD nya toh juga masih bisa digunakan sebagai HD eksternal untuk backup data.Tip penggantian hardisk :
- Biasanya klu laptop second kita juga mencari HD yang second,maka carilah yang masih silent, coba ke dalam laptop, karena kadang pengetesan biasa gak ditemukan bad sector tapi kejadian nya bisa seperti di atas.
- Carilah HD second yang garansinya minimal 1 minggu untuk trial.
Share



Baca Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar Read More ...

0 komentar


Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!